thefuture

Tidak akan ada sesuatu apapun di dunia ini,jika kita tidak mau berkehendak,berusaha dan berdoa

Bangunan Kapal

Bangunan Kapal

Kompas dan Sistem Kemudi

Posted by blogbenny On 00.12 0 komentar

KOMPAS MAGNETAzaz: kutub sejenis akan tolak-menolak, yang berlawanan akan tari-menarikKETEL KOMPASAda 2, yaitu BASAH dan KERINGa. Basah berisi larutan alkohol 30% dan air suling 70%Kegunaan larutan trersebut adalah peredam goncangan.Syaratnya adalah bahan harus bebas dari besi, artinya harus alumuniumCara memeriksa: Dengan cara piringan yang diayun akan cepat kembali kekedudukan semulaCara penyimpanan kompas:a. Dimasukkan ke kotak khusus dan diberikan bantalan yang lunakb. Bebas dari getaran dari mesin kapalc. setiap akan dipakai artinya jika kapal akan berlayar, selalu harus dikoreksi artinya SALAH TUNJUK (ST)Garis Layar:1. Letak garis layar harus selalu didepan lingkaran didalam ketel2. harus sejajar dengan lunas kapal3. baring kedengan salah satu tiang kapal4. Titik pusat pesawat baring, artinya tempat kedudukan pijera celah alat untuk membaringCincin Lenja1. Masing-masing piringan duduk pada cincin diluar2. Agar tetap datar kalau kena goncangan artinya tetap rata-rata airSyarat-syarat ketel1. Tidak boleh mengandung magnet2. Tutup kaca harus tetap pada keadaan datar3. Kalau ketel mengayun tidak menyentuh apa-apa4. Tuntung semat berdiri ditengah-tengah5. garis layar harus tetap pada tempatnyaHal-hal yang perlu diperhatikan1. cairan ketel harus dalam keadaan penuh2. Pengapung harus kedap3. Pedoman basah terpasang pada Cincin lenjaPEKAJika piringan dieluaran pada kedudukan maka ia harus cepat kembaliTENANGjika piringan terganggu oleh pengaruh luar, maka ia tak boleh lekas mengayuncontoh:1. Pengaruh olengan kapal2. Getaran-getaran kapal, waktu mesin kapal mundur3. perubahan haluan kapalSalah KOLIMASIBila mempunyai sudut penyimpangan poros jarum-jarum magnetik mawar dengan garis mawar U-S pedoman.Kesalahan-kesalahan pedoman magnet sbb:1. Kesalahan sendiri, yaitu bila U-S tidak berimpit dengan poros magnet pedoman2. Kesalahan dari luar, adanya pengaruh magnet terhadap body kapal/logam yang mempengaruhi magnetCara menguji TENANG:1. putar piringan dengan sudut kecil (30)2. lepas dan baca petunjunya. putar arah berlawanan, lepas terus dibacaUsaha memperbesar KEPEKAAN:1. Moment magnit besar2. berat piringan KECIL/RINGANKeuntungan pedoman zat cair dan kering1. Karena ada tekanan, getaran bisa diredam sehingga sungup dan sepat ta cepat aus2. bisa dibuat lebih tenang dan peka3. apabiula ada pengaruh luar, segera menyimpang dan setelah pengaruh hilang, segera kem,kembali ke kedudukan semulaKerugiannya:1. Sering timbul gelembung-gelembung udara2. Pada waktu menimbal pedoman akan sukarPedoman Gasing (Gyro Compas)Pengertiana.gyros artinya berputar, Skopein artinya melihatatau melihat bumi berputar. Theori dari sarjana Franceb. sebuah benda yamg dapat berputar cepat 6000 rpm mengelilingi poros dan dapat berputar 3 arahc. Syarat-syarat Gyroscope1. Reseltante semua gaya harus bertumpu pada titik berat gasing2. Ketiga poros harus berdiri tega\k lurus satu sama lainnya3. ketiga poros saling memotong dititik ber4at gasingTipe pedoman gasing:1. Spery (USA)2. Brown (Inggris)3. Anschutz (Jerman)Beberapa euntungan pedoman gyro:1. Arah selalu sejati2. Pembacaan sangat seksama,pembesaran mawar pedoman emudi teliti sampai dengan 1 derajat3. Pemasangan repeater, Ki/Ka diluar anjungan sehingga carkawala bebas4. padas watui kapal oleng, juru mudi melihat haluan cepatKerugian dengan memaai pedoman gasing1. instalasi sangat lengap dan sangat mahal2. Susunan/instalasi juga sangat rumit, alau terjadi perubahan pada generator tenaga listrik dan terjadi penurunan voltase penunjukkan arah pedoman akan kacau sebelum voltase normal3. Jika terjadi kerusakkan dilaut, sulit untuk diperbaii sebab ahlinya ada didaratPENATAAN KEMUDI1. Penataan roda kemudi2. Penerus roda kemudi ke mesin penggerak kemudi3. Kopling pada penerus gerak 4. Mesin penggerak daum kemudi PERSYARATAN PADA KAPAL PENUMPANG1. Harus bisa cikar 35 ka/ki dengan full speed dalam waktu 28 detik Ki35 -Ka302. Kemudi darurat dengan tenaga3. Jika kapal dengan kemudi ganda tidak diwajibkan adanya kemudi daruratPERSYARATAN KAPAL BARANG1. Pangsi/engsel ganda dengan diameter 14 inci. Kemudi darurat boleh dengan tenaga2. Sama dengan no.3 untuk kapal penumpangPENATAAN KEMUDI DAN TENAGA PENGGERAK1. Tangan2. Tenaga uap3. Tenaga listrik4. tenaga listri hydraulisHk Gasing IPoros suatu gasing yang berputar sangat cepatTILTINGPerubahan sudut yang terjadi antara permukaan bumi dan poros gyroskop dalam arah verticalDRIFTINGPerubahan sudut yang terjadi antara garis meridian bumi dengan poros gyroskop dalam arah horizontal, yang disenbabkan oleh komponen vertical dari perputaran bumiKESIMPULANKedudukan ujung poros sebuah gyroskop dilihat dari rotasi bumiGyroskop belum bisa dipaai sebagai pedoman karena:1. Titik berat gasing tidak mungkin diusahakan tepat pada poros2. Jiaq gasing tersentuh benda asing maka akan menunju earah lain3. posisi gasing tidak duduk dalam arah U-S tetapi ia akan berputarKesalahan pada pedoman gasing:1. kesalahan haluan dan kecepatan tergantung padaa. lintang penilikb. haluanc. kecepatan kapal2. Kesalahan peredamantergantung pada penilik, nilai tetap untuk semua haluan3. Kesalahan balistikkarena perobahan kecepatan yang mendadakCara menghilangkannya sbb:1. gyro digantung pada horizontal azis2. gyro dibalance4. kesalahan ayunantindakan cara pencegahannya:a. Sensitive elemen harus dibalanceb. Pipa penghubung dari HG. dipersempitc. Diatas bejana diberi pemberatd. Spider digantung dengan silinder minyak label: game komputer oto blitz black pimmy ride Exotic Moge MotoGP Honda SUV car body design

Categories:

0 Response for the "Kompas dan Sistem Kemudi"

Posting Komentar


free games phoncell free fun phoncell samsung lg zyrex acer nokiasiemensmotorolasony free cell phone theme nokia cell phone theme motorola cell phone theme sony ericsson cell phone theme nokia motorola sony free game game mobile free game cellphone free game ponsel free game java free game hape