thefuture

Tidak akan ada sesuatu apapun di dunia ini,jika kita tidak mau berkehendak,berusaha dan berdoa

Bangunan Kapal

Bangunan Kapal

Kompas dan Sistem Kemudi

Posted by blogbenny On 00.12 0 komentar

KOMPAS MAGNETAzaz: kutub sejenis akan tolak-menolak, yang berlawanan akan tari-menarikKETEL KOMPASAda 2, yaitu BASAH dan KERINGa. Basah berisi larutan alkohol 30% dan air suling 70%Kegunaan larutan trersebut adalah peredam goncangan.Syaratnya adalah bahan harus bebas dari besi, artinya harus alumuniumCara memeriksa: Dengan cara piringan yang diayun akan cepat kembali kekedudukan semulaCara penyimpanan kompas:a. Dimasukkan ke kotak khusus dan diberikan bantalan yang lunakb. Bebas dari getaran dari mesin kapalc. setiap akan dipakai artinya jika kapal akan berlayar, selalu harus dikoreksi artinya SALAH TUNJUK (ST)Garis Layar:1. Letak garis layar harus selalu didepan lingkaran didalam ketel2. harus sejajar dengan lunas kapal3. baring kedengan salah satu tiang kapal4. Titik pusat pesawat baring, artinya tempat kedudukan pijera celah alat untuk membaringCincin Lenja1. Masing-masing piringan duduk pada cincin diluar2. Agar tetap datar kalau kena goncangan artinya tetap rata-rata airSyarat-syarat ketel1. Tidak boleh mengandung magnet2. Tutup kaca harus tetap pada keadaan datar3. Kalau ketel mengayun tidak menyentuh apa-apa4. Tuntung semat berdiri ditengah-tengah5. garis layar harus tetap pada tempatnyaHal-hal yang perlu diperhatikan1. cairan ketel harus dalam keadaan penuh2. Pengapung harus kedap3. Pedoman basah terpasang pada Cincin lenjaPEKAJika piringan dieluaran pada kedudukan maka ia harus cepat kembaliTENANGjika piringan terganggu oleh pengaruh luar, maka ia tak boleh lekas mengayuncontoh:1. Pengaruh olengan kapal2. Getaran-getaran kapal, waktu mesin kapal mundur3. perubahan haluan kapalSalah KOLIMASIBila mempunyai sudut penyimpangan poros jarum-jarum magnetik mawar dengan garis mawar U-S pedoman.Kesalahan-kesalahan pedoman magnet sbb:1. Kesalahan sendiri, yaitu bila U-S tidak berimpit dengan poros magnet pedoman2. Kesalahan dari luar, adanya pengaruh magnet terhadap body kapal/logam yang mempengaruhi magnetCara menguji TENANG:1. putar piringan dengan sudut kecil (30)2. lepas dan baca petunjunya. putar arah berlawanan, lepas terus dibacaUsaha memperbesar KEPEKAAN:1. Moment magnit besar2. berat piringan KECIL/RINGANKeuntungan pedoman zat cair dan kering1. Karena ada tekanan, getaran bisa diredam sehingga sungup dan sepat ta cepat aus2. bisa dibuat lebih tenang dan peka3. apabiula ada pengaruh luar, segera menyimpang dan setelah pengaruh hilang, segera kem,kembali ke kedudukan semulaKerugiannya:1. Sering timbul gelembung-gelembung udara2. Pada waktu menimbal pedoman akan sukarPedoman Gasing (Gyro Compas)Pengertiana.gyros artinya berputar, Skopein artinya melihatatau melihat bumi berputar. Theori dari sarjana Franceb. sebuah benda yamg dapat berputar cepat 6000 rpm mengelilingi poros dan dapat berputar 3 arahc. Syarat-syarat Gyroscope1. Reseltante semua gaya harus bertumpu pada titik berat gasing2. Ketiga poros harus berdiri tega\k lurus satu sama lainnya3. ketiga poros saling memotong dititik ber4at gasingTipe pedoman gasing:1. Spery (USA)2. Brown (Inggris)3. Anschutz (Jerman)Beberapa euntungan pedoman gyro:1. Arah selalu sejati2. Pembacaan sangat seksama,pembesaran mawar pedoman emudi teliti sampai dengan 1 derajat3. Pemasangan repeater, Ki/Ka diluar anjungan sehingga carkawala bebas4. padas watui kapal oleng, juru mudi melihat haluan cepatKerugian dengan memaai pedoman gasing1. instalasi sangat lengap dan sangat mahal2. Susunan/instalasi juga sangat rumit, alau terjadi perubahan pada generator tenaga listrik dan terjadi penurunan voltase penunjukkan arah pedoman akan kacau sebelum voltase normal3. Jika terjadi kerusakkan dilaut, sulit untuk diperbaii sebab ahlinya ada didaratPENATAAN KEMUDI1. Penataan roda kemudi2. Penerus roda kemudi ke mesin penggerak kemudi3. Kopling pada penerus gerak 4. Mesin penggerak daum kemudi PERSYARATAN PADA KAPAL PENUMPANG1. Harus bisa cikar 35 ka/ki dengan full speed dalam waktu 28 detik Ki35 -Ka302. Kemudi darurat dengan tenaga3. Jika kapal dengan kemudi ganda tidak diwajibkan adanya kemudi daruratPERSYARATAN KAPAL BARANG1. Pangsi/engsel ganda dengan diameter 14 inci. Kemudi darurat boleh dengan tenaga2. Sama dengan no.3 untuk kapal penumpangPENATAAN KEMUDI DAN TENAGA PENGGERAK1. Tangan2. Tenaga uap3. Tenaga listrik4. tenaga listri hydraulisHk Gasing IPoros suatu gasing yang berputar sangat cepatTILTINGPerubahan sudut yang terjadi antara permukaan bumi dan poros gyroskop dalam arah verticalDRIFTINGPerubahan sudut yang terjadi antara garis meridian bumi dengan poros gyroskop dalam arah horizontal, yang disenbabkan oleh komponen vertical dari perputaran bumiKESIMPULANKedudukan ujung poros sebuah gyroskop dilihat dari rotasi bumiGyroskop belum bisa dipaai sebagai pedoman karena:1. Titik berat gasing tidak mungkin diusahakan tepat pada poros2. Jiaq gasing tersentuh benda asing maka akan menunju earah lain3. posisi gasing tidak duduk dalam arah U-S tetapi ia akan berputarKesalahan pada pedoman gasing:1. kesalahan haluan dan kecepatan tergantung padaa. lintang penilikb. haluanc. kecepatan kapal2. Kesalahan peredamantergantung pada penilik, nilai tetap untuk semua haluan3. Kesalahan balistikkarena perobahan kecepatan yang mendadakCara menghilangkannya sbb:1. gyro digantung pada horizontal azis2. gyro dibalance4. kesalahan ayunantindakan cara pencegahannya:a. Sensitive elemen harus dibalanceb. Pipa penghubung dari HG. dipersempitc. Diatas bejana diberi pemberatd. Spider digantung dengan silinder minyak label: game komputer oto blitz black pimmy ride Exotic Moge MotoGP Honda SUV car body design

Penanganan dan Pengatura Muatan

Posted by blogbenny On 00.10 0 komentar

Dalam penanganan pengaturan muatan mempunyai prinsip: 1. Melindungi kapal ( protect the ship ) Dalam penangana dan pengaturan muatan pihak kapal wajib memperhatikan tentang keselamatan kapal. 2. Melindungi muatan ( protect the cargo ) Dalam penangana dan pengaturan muatan pihak penangkut wajib memperhatikan tentang keselamatan muatan karena merupakan tanggung jawab pengangkut. 3. Memaksimalkan ruang muat ( to avoid broken stowage ) Broken stowage adalah besar muatan yang tidak dapat digunakan untuk pengaturan muatan sehingga dapat mengakibatkan rusaknya muatan. 4. Bongkar muat secara cepat, teratur dan sistematis ( rapidly, systematic loading and discharging ) Menciptakan suatu proses kegiatan bongkar muat secara efisien dan efektif untuk mencapai hasil yang maksimal. 5. Melindungi abk dan buruh ( safety of crew and longsoreman ) Bahwa selama abk dan buruh melaksanakan kegiatan senantiasa selalu terhindar dari segala bentuk resiko yang mungkin terjadi akibat dari pelaksanaan bongkar muat. label: game komputer oto blitz black pimmy ride Exotic Moge MotoGP Honda SUV car body design

ALAT NAVIGASI RADAR

Posted by blogbenny On 00.06 0 komentar

Radar (yang dalam bahasa Inggris merupakan singkatan dari Radio Detection and Ranging, yang berarti deteksi dan penjarakan radio) adalah suatu sistem gelombang elektromagnetik yang berguna untuk mendeteksi, mengukur jarak dan membuat map benda-benda seperti pesawat terbang, berbagai kendaraan bermotor dan informasi cuaca (hujan).Panjang gelombang yang dipancarkan radar adalah beberapa milimeter hingga satu meter. Gelombang radio/sinyal yang dipancarkan dan dipantulkan dari suatu benda tertentu akan ditangkap oleh radar. Dengan menganalisa sinyal yang dipantulkan tersebut, pemantul sinyal dapat ditentukan lokasinya dan terkadang dapat juga ditentukan jenisnya. Meskipun sinyal yang diterima relatif lemah/kecil, namun radio sinyal tersebut dapat dengan mudah dideteksi dan diperkuat oleh radar.Daftar isi[tampilkan]1 Sejarah2 Konsep3 Klasifikasi3.1 Berdasarkan bentuk gelombang4 Jenis4.1 Doppler Radar4.2 Bistatic Radar5 Sistem radar5.1 Antena5.2 Pemancar sinyal (transmitter)5.3 Penerima sinyal (receiver)6 Prinsip pengoperasian radar7 Kegunaan radar7.1 Cuaca7.2 Militer7.3 Kepolisian7.4 Pelayaran7.5 Penerbangan8 Referensi9 Pranala luar//[sunting] SejarahSeorang ahli fisika Inggris bernama James Clerk Maxwell mengembangkan dasar-dasar teori tentang elektromagnetik pada tahun 1865. Setahun kemudian, seorang ahli fisika asal Jerman bernama Heinrich Rudolf Hertz berhasil membuktikan teori Maxwell mengenai gelombang elektromagnetik dengan menemukan gelombang elektromagnetik itu sendiri.Pendeteksian keberadaan suatu benda dengan menggunakan gelombang elektromagnetik pertama kali diterapkan oleh Christian Hülsmeyer pada tahun 1904. Bentuk nyata dari pendeteksian itu dilakukan dengan memperlihatkan kebolehan gelombang elektromagnetik dalam mendeteksi kehadiran suatu kapal pada cuaca yang berkabut tebal. Namun di kala itu, pendeteksian belum sampai pada kemampuan mengetahui jarak kapal tersebut.Di tahun 1921, Albert Wallace Hull menemukan magnetron sebagai tabung pemancar sinyal/transmitter yang efisien. Kemudian transmitter berhasil ditempatkan pada kapal kayu dan pesawat terbang untuk pertama kalinya secara berturut-turut oleh A. H. Taylor dan L. C. Young di tahun 1922 dan L. A. Hyland dari Laboratorium Riset kelautan Amerika Serikat di tahun 1930.Istilah radar sendiri pertama kali digunakan pada tahun 1941, menggantikan istilah dari singkatan Inggris RDF (Radio Directon Finding), namun perkembangan radar itu sendiri sudah mulai banyak dikembangkan sebelum Perang Dunia II oleh ilmuwan dari Amerika, Jerman, Prancis dan Inggris. Dari sekian banyak ilmuwan, yang paling berperan penting dalam pengembangan radar adalah Robert Watson-Watt asal Skotlandia, yang mulai melakukan penelitiannya mengenai cikal bakal radar pada tahun 1915. Di tahun 1920-an, ia bergabung dengan bagian radio National Physical Laboratory. Di tempat ini, ia mempelajari dan mengembangkan peralatan navigasi dan juga menara radio. Watson-Watt menjadi salah satu orang yang ditunjuk dan diberikan kebebasan penuh oleh Kementrian Udara dan Kementrian Produksi Pesawat Terbang untuk mengembangkan radar. Watson-Watt kemudian menciptakan radar yang dapat mendeteksi pesawat terbang yang sedang mendekat dari jarak 40 mil (sekitar 64 km). Dua tahun berikutnya, Inggris memiliki jaringan stasiun radar yang berfungsi untuk melindungi pantainya.Pada awalnya, radar memiliki kekurangan, yakni gelombang elektromagnetik yang dipancarkannya terpancar di dalam gelombang yang tidak terputus-putus. Hal ini menyebabkan radar mampu mendeteksi kehadiran suatu benda, namun tidak pada lokasi yang tepat. Terobosan pun akhirnya terjadi di tahun 1936 dengan pengembangan radar berdenyut (pulsed). Dengan radar ini, sinyal diputus secara berirama sehingga memungkinkan untuk mengukur antara gema untuk mengetahui kecepatan dan arah yang tepat mengenai target.Sementara itu, terobosan yang paling signifikan terjadi di tahun 1939 dengan ditemukannya pemancar gelombang mikro berkekuatan tinggi yang disempurnakan. Keunggulan dari pemancar ini adalah ketepatannya dalam mendeteksi keberadaan sasaran, tidak peduli dalam keadaan cuaca apapun. Keunggulan lainnya adalah bahwa gelombang ini dapat ditangkap menggunakan antena yang lebih kecil, sehingga radar dapat dipasang di pesawat terbang dan benda-benda lainnya. Hal ini yang pada akhirnya membuat Inggris menjadi lebih unggul dibandingkan negara-negara lainnya di dunia. Di tahun-tahun berikutnya, sistem radar berkembang lebih pesat lagi, baik dalam hal tingkat resolusi dan portabilitas yang lebih tinggi, maupun dalam hal peningkatan kemampuan sistem radar itu sendiri sebagai pertahanan militer.[sunting] KonsepKonsep radar adalah mengukur jarak dari sensor ke target. Ukuran jarak tersebut didapat dengan cara mengukur waktu yang dibutuhkan gelombang elektromagnetik selama penjalarannya mulai dari sensor ke target dan kembali lagi ke sensor.[sunting] Klasifikasi[sunting] Berdasarkan bentuk gelombangContinuous Wave/CW (Gelombang Berkesinambungan), merupakan radar yang menggunakan transmitter dan antena penerima (receive antenna) secara terpisah, di mana radar ini terus menerus memancarkan gelombang elektromagnetik. Radar CW yang tidak termodulasi dapat mengukur kecepatan radial target serta posisi sudut target secara akurat. Radar CW yang tidak termodulasi biasanya digunakan untuk mengetahui kecepatan target dan menjadi pemandu rudal (missile guidance).Pulsed Radars/PR (Radar Berdenyut), merupakan radar yang gelombang elektromagnetiknya diputus secara berirama. Frekuensi denyut radar (Pulse Repetition Frequency/PRF) dapat diklasifikasikan menjadi 3 bagian, yaitu PRF high, PRF medium dan PRF low.[sunting] Jenis[sunting] Doppler RadarDoppler radar merupakan jenis radar yang mengukur kecepatan radial dari sebuah objek yang masuk ke dalam daerah tangkapan radar dengan menggunakan Efek Doppler. Hal ini dilakukan dengan memancarkan sinyal microwave (gelombang mikro) ke objek lalu menangkap refleksinya, dan kemudian dianalisis perubahannya. Doppler radar merupakan jenis radar yang sangat akurat dalam mengukur kecepatan radial. Contoh Doppler radar adalah Weather Radar yang digunakan untuk mendeteksi cuaca.[sunting] Bistatic RadarBistatic radar merupakan suatu jenis sistem radar yang komponennya terdiri dari pemancar sinyal (transmitter) dan penerima sinyal (receiver), di mana kedua komponen tersebut terpisah. Kedua komponen itu dipisahkan oleh suatu jarak yang dapat dibandingkan dengan jarak target/objek. Objek dapat dideteksi berdasarkan sinyal yang dipantulkan oleh objek tersebut ke pusat antena. Contoh Bistatic radar adalah Passive radar. Passive radar adalah sistem radar yang mendeteksi dan melacak objek dengan proses refleksi dari sumber non-kooperatif pencahayaan di lingkungan, seperti penyiaran komersial dan sinyal komunikasi.[sunting] Sistem radarAda tiga komponen utama yang tersusun di dalam sistem radar, yaitu antena, transmitter (pemancar sinyal) dan receiver (penerima sinyal) .[sunting] AntenaAntena yang terletak pada radar merupakan suatu antena reflektor berbentuk piring parabola yang menyebarkan energi elektromagnetik dari titik fokusnya dan dipantulkan melalui permukaan yang berbentuk parabola. Antena radar memiliki du akutub (dwikutub). Input sinyal yang masuk dijabarkan dalam bentuk phased-array (bertingkat atau bertahap). Ini merupakan sebaran unsur-unsur objek yang tertangkap antena dan kemudian diteruskan ke pusat sistem radar.[sunting] Pemancar sinyal (transmitter)Pada sistem radar, pemancar sinyal (transmitter) berfungsi untuk memancarkan gelombang elektromagnetik melalui reflektor antena. Hal ini dilakukan agar sinyal objek yang berada didaerah tangkapan radar dapat dikenali. Pada umumnya, transmitter memiliki bandwidth dengan kapasitas yang besar. Transmitter juga memiliki tenaga yang cukup kuat, efisien, bisa dipercaya, ukurannya tidak terlalu besar dan tidak terlalu berat, serta mudah dalam hal perawatannya.[sunting] Penerima sinyal (receiver)Pada sistem radar, penerima sinyal (receiver) berfungsi sebagai penerima kembali pantulan gelombang elektromagnetik dari sinyal objek yang tertangkap oleh radar melalui reflektor antena. Pada umumnya, receiver memiliki kemampuan untuk menyaring sinyal yang diterimanya agar sesuai dengan pendeteksian yang diinginkan, dapat memperkuat sinyal objek yang lemah dan meneruskan sinyal objek tersebut ke pemroses data dan sinyal (signal and data processor), dan kemudian menampilkan gambarnya di layar monitor (display).Selain tiga komponen di atas, sistem radar juga terdiri dari beberapa komponen pendukung lainnya, yaituWaveguide, berfungsi sebagai penghubung antara antena dan transmitter.Duplexer, berfungsi sebagai tempat pertukaran atau peralihan antara antena dan penerima atau pemancar sinyal ketika antena digunakan dalam kedua situati tersebut.Software, merupakan suatu bagian elektronik yang berfungsi mengontrol kerja seluruh perangkat dan antena ketika melakukan tugasnya masing-masing.[sunting] Prinsip pengoperasian radarUmumnya, radar beroperasi dengan cara menyebarkan tenaga elektromagnetik terbatas di dalam piringan antena. Tujuannya adalah untuk menangkap sinyal dari benda yang melintas di daerah tangkapan antena yang bersudut 20o – 40o. Ketika ada benda yang masuk ke dalam daerah tangkapan antena tersebut, maka sinyal dari benda tersebut akan ditangkap dan diteruskan ke pusat sitem radar untuk kemudian diproses sehingga benda tersebut nantinya akan tampak dalam layar monitor/display.[sunting] Kegunaan radar[sunting] CuacaWeather Radar, merupakan jenis radar cuaca yang memiliki kemampuan untuk mendeteksi intensitas curah hujan dan cuaca buruk, misalnya badai.Wind Profiler, merupakan jenis radar cuaca yang berguna untuk mendeteksi kecepatan dan arah angin dengan menggunakan gelombang suara (SODAR).[sunting] MiliterAirborne Early Warning (AEW), merupakan sebuah sistem radar yang berfungsi untuk mendeteksi posisi dan keberadaan pesawat terbang lain. Sistem radar ini biasanya dimanfaatkan untuk pertahanan dan penyerangan udara dalam dunia militer.Radar pemandu peluru kendali, biasa digunakan oleh sejumlah pesawat tempur untuk mencapai sasaran/target penembakan. Salah satu pesawat yang menggunakan jenis radar ini adalah pesawat tempur Amerika Serikat F-14. Dengan memasang radar ini pada peluru kendali udara (AIM-54 Phoenix), maka peluru kendali yang ditembakkan ke udara itu (air-to-air missile) diharapkan dapat mencapai sasarannya dengan tepat.[sunting] KepolisianRadar biasa dimanfaatkan oleh kepolisian untuk mendeteksi kecepatan kendaraan bermotor saat melaju di jalan. Radar yang biasa digunakan untuk masalah ini adalah radar gun (radar kecepatan) yang berbentuk seperti pistol dan microdigicam radar.[sunting] PelayaranDalam bidang pelayaran, radar digunakan untuk mengatur jalur perjalanan kapal agar setiap kapal dapat berjalan dan berlalu lalang di jalurnya masing-masing dan tidak saling bertabrakan, sekalipun dalam cuaca yang kurang baik, misalnya cuaca berkabut.[sunting] PenerbanganDalam bidang penerbangan, penggunaan radar terlihat jelas pada pemakaian Air Traffic Control (ATC). Air Traffic Control merupakan suatu kendali dalam pengaturan lalu lintas udara. Tugasnya adalah untuk mengatur lalu lalang serta kelancaran lalu lintas udara bagi setiap pesawat terbang yang akan lepas landas (take off), terbang di udara, maupun yang akan mendarat (landing). ATC juga berfungsi untuk memberikan layanan bantuan informasi bagi pilot tentang cuaca, situasi dan kondisi bandara yang dituju. label: game komputer oto blitz black pimmy ride Exotic Moge MotoGP Honda SUV car body design

FISIKA II

Posted by blogbenny On 00.03 0 komentar

SUHU.Adalah : Derajat panas / Dingin suatu benda dengan satuan Derajat dan diukur mengunakan Termometer.KALOR.- Adalah suatu bentuk energi yang di pindahkan melalui perbedan suhu.- Kalor berpindah dari benda yang bersuhu tinggi ke yang rendah.- Benda yang menerima kalor suhunya akan naik atau wujudnya akan berubah.- Benda yang melepas kalor suhunya akan turun atau wujudnya akan berubah.BESARNYA KALOR YANG DI SERAP / DI LEPAS BERBANDING LURUS dengan :- Massa benda .- Kalor jenis Benda .- Perubahan Suhu.SEKALA DALAM SUHU DAN KALOR ADALAH CELCIUS,REAMUR,FAHRENHELT DAN KELVIN DENGAN HUBUNGAN Sebagai berikut :[ 0 C= 5/4R = 5/9(0F-32) = 0K-273 ]DALAM SISTEM SI SATUAN KALOR ADALAH JOULE.- 1 Kalori = 4,2 Joule.- 1 Joule = 0,24 Kalori.SATU KALORI Adalah BanyaknyaKalor yang diperlukan untuk menaikan suhu 10C Air murni yang masanya 1 gram.PERUBAHAN WUJUD ZAT.- Pada peristiwa melebur menguap dan melenyap membutuhkan kalor.- Pada saat membeku mengembun dan menyublim melepaskan kalor.- Pada saat perubahan wujud zat suhunya tetap.- Kalor yang dibutuhkan oleh stiap satuan masa zat untuk mengubah wujudnya dst KALOR LATEN.- Suhu yangterjadi selama perubahan zat dsb SUHU TRANSISI.AZAS BLACK.Jika suatu zat yang berbeda suhunya dicampur sehingga tercapai keseimbangan ternal pada suhu tertentu maka zat yang memiliki suhu tinggi akan melepas kalor dan diterima oleh zat yang bersuhu rendah Oleh karena itu :[ KALOR YANG DILEPAS = KALOR YANG DISERAP/DITERIMA ]FLUIDA BERGERAK.1 – Hukum kontiunitas.- [ Q 1 = Q 2 ]- [ A1 V1 = A 2 V2 ]2 – Hukum Bernauli [ P A = P B ]- [ P 1 + ½ r V12 + r g h 1 = p 2 + ½ r V 2 2 + r g h 2 ]Dimana :- P = Tekanan Fluida.- r = Massa jenis Fluida.- V = Kecepatan Aliran.- A = Luar Penampang. label: game komputer oto blitz black pimmy ride Exotic Moge MotoGP Honda SUV car body design

PEDOMAN GASING dan PEDOMAN MAGNIT

Posted by blogbenny On 06.57 0 komentar

Pedoman Magnit
Sebuah pedoman magnit sebagimana sudah dikatatakan terdahulu bekerja sifat-sifat magnit dari sebuah magnit bintang.
Sifat-sifat magnit pada sebuah magnit batang atau suatu magnit jarum antara lain adalah :
1. Memiliki gaya tarik tolak terhadap gaya magnit lainnya ( Baja dan Besi ).
2. Kekuatan gaya tarik tolak tersebut adalah terkuat pada ujung - ujung magnit batang.
3. Ujung - ujung magnit batang tersebut diberi nama kutub, kutub utara dan kutub selatan.
4. Kutub - kutub yang senama dari dua buah magnit batang akan saling tolak - menolak, dan kutub-kutubnya yang tidak senama akan tarik menarik.
5. Apabila sebuah magnit batang ditempatkan sedemikian rupa sehingga dapat berputar bebas dalam bidang horizontal, maka kutub-kutubnya akan mengarah/menunjuk ke kutub-kutub bumi.
6. Besarnya kekuatan gaya tarik/tolak antara dua buah magnit batang yang berbeda, bebanding lurus dengan hasil kali kekuatan magnit kedua kutub yang bersangkutan dan berbanding terbalik dengan jarak antara kutub-kutub pangkat dua ( Hukum Coulomb ).

Sesuai dengan penggunaanya di kapal maka pedoman magnit adda dua jenis :
1. Pedoman Magnit Kering
2. Pedoman Magnit Basah
Bagian - bagian dari kedua jenis pedoman tersebut dalam garis besarnya sama. Perbadaan utamanya hanya terletak pada : Piringan pedoman basah terapung di dalam suatu cairan, sedangkan piringan pedoman kering tidak. Kemudian sesuai dengan penempatan dan fungsinya, maka ada tiga jenis untuk pedoman magnit di kapal yaitu :
1. Pedoman Standart
2. Pedoman Kemudi
3. Pedoman Darurat
( Pedoman Sekoci berdiri sendiri ). label: game komputer oto blitz black pimmy ride Exotic Moge MotoGP Honda SUV car body design

BANGUNAN KAPAL

Posted by blogbenny On 08.10 0 komentar

Ukuran - ukuran pokok :
Ukuran Pokok terdiri dari : a. Ukuran membujur / memanjang.
b. Ukuran Melintang / melebar
c. Ukuran Tegak (vertikal )
* Ukuran membujur / memanjang terdiri dari :
1. Panjang seluruhnya ( Length Over All = LOA ) adalah :
Jarak dari suatu titik terdepan dari linggi kapal sampai ke titik terbelakang dari buritan kapal.ini merupakan ukuran terpanjang dari sebuah kapal, dan diukur sejajar lunas. Panjang ini penting untuk perkiraan panjang dermaga.
2. panjang Sepanjang Garis Tegak ( Length Between Perpendicular = LBP ) adlah :
Panjang kapal dihitung dari garis tegak depan sampai ke garis tegak belakang diukur sejajar lunas.Garis tegak depan ( For Ward Perpendicular ) adalah sebuah garis khayalan yang memotong tegak lurus titik potong garis muat perancang kapal dengan linggi depan.Garis tegak belakang ( After Perpendicular ) adlah searah garis khayalan yang biasanya terletak pada sisi belakang cagak kemudi ( Ruder stop )
3. Panjang sepanjang garis muat / garis air (Length on The load Water Line = LOWL ) Adlah panjang kapal diukur dari perpotongan garis air dengan linggi depan sampai ketitik potong garis air dengan linggi belakang. label: game komputer oto blitz black pimmy ride Exotic Moge MotoGP Honda SUV car body design

Posted by blogbenny On 07.47 0 komentar

free games phoncell free fun phoncell samsung lg zyrex acer nokiasiemensmotorolasony free cell phone theme nokia cell phone theme motorola cell phone theme sony ericsson cell phone theme nokia motorola sony free game game mobile free game cellphone free game ponsel free game java free game hape